Peran Pembina Menyongsong Paskibra SMAN 2 Pati


smandapaflash@blogspot.com –  Paskibra merupakan salah satu pengembangan diri (PD) yang ada di SMA Negeri 2 Pati dan masih berhubungan dengan organisasi HIKAMADA. Latihan Paskibra biasa dilaksanakan setiap hari Kamis bersama PD yang lainnya.

Prestasi yang diperoleh anak–anak Paskibra SMA Negeri 2 Pati tidak jauh dari campur tangan Kunardi atau yang sering dipanggil oleh Pak Kun, sebagai pelatih Paskibra di SMAN 2 Pati. “Saya melatih Paskibra di SMA Negeri 2 Pati ini sejak 2003, jika dihitung dari awal sampai sekarang, sudah 15 tahun,” katanya.
Banyak kesan yang dialami saat melatih peserta PD Paskibra, terutama bagi mereka yang baru bergabung. Penalaran dan pemahaman terhadap materi antara satu peserta dengan peserta lain berbeda. “Sering menghadapi anak-anak yang kadang kala susah dalam penangkapan materi/penalarannya kurang. Ada yang cepat dan juga ada yang lambat terhadap penangkapan teori yang saya berikan. Kalau yang cepat itu sekali bisa, kalau yang lambat itu lucu-lucu.” ujar Pak Kun panggilan akrab Kunardi, Pembina Paskibra.
Kunardi mengatakan, Paskibra SMA Negeri 2 Pati juga telah meraih prestasi terbaiknya. Sejak mengikuti lomba baris berbaris dan tata upacara sekolah pada 2003 hingga sekarang sering menjadi juara. “Dan selalu dapat juara 2 di tingkat Kabupaten Pati. Kalau Paskibra upacara bendera biasa, kita sudah sering ke tingkat provinsi maupun kabupaten. Terakhir itu, PASKIBRA nasional di Jakarta, yang mewakili Pati itu dari SMAN 2 Pati terakhir kali 2002 dan sampai sekarang belum ada lagi,” jelasnya.
Meski sering mendapat di tingkat kabupaten, Pembina Paskibra SMA Negeri 2 Pati, Kunardi  masih berangan-angan, dan berkeinginan agar peserta didiknya, mampu meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah bahkan tingkat nasional dan bisa tampil saat peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara.(●)
Tim Liputan:
1. Dyah Nur Pratiwi
2. Shelma Atira Dewi
3. Dherysha Auria Maysalluna
4. Fadhillah Alif Rachmatrya

0 comments: