Di Balik Hari Pramuka

Salam Pramuka !!
Peringatan Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018 telah dilaksanakan oleh warga SMA Negeri 2 Pati pada Selasa pagi. Peringatan hari pramuka ini diikuti seluruh warga SMA 2 mulai dari guru-guru,staf,karyawan,para PPL,dan siswa siswi SMA 2. Semua berpartisipasi dalam peringatan hari pramuka,tak terkecuali anak-anak Scout Rouver. Mereka telah mempersiapkan persembahan terbaik mereka untuk ditampilkan dalam acara peringatan hari pramuka.


Pernahkah terlintas dipikiran anda bagaimana sejarah peringatan hari pramuka ?
Sebelum menggema di Indonesia,pramuka telah berkembang terlebih dahulu di Inggris melalui pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Powell dikenal sebagai pemuda dengan banyak pengalaman di kegitan pramuka,salah satunya yaitu ketika dirinya mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika. Selain itu dia juga pandai dalam pelayaran,berenang,maupun berkemah sekalipun. Pengalaman-pengalama tersebut ditulis Boden Powel dalam bukunya yang berjudul “Aids to Scouting”. Buku tersebut dijadikan panduan bagi tentara muda Inggris.
Pada tahun 1908,Boden Powel kembali menuliskan pengalamannya di kepramukaan dengan buku yang berjudul “Scouting for Boy”. Buku tersebut dengan cepat berkembang di Inggris dan negara lain termasuk Indonesia.
Pada tahun 1916 S.P Mangkunegara VII membuat organisasi kepandaun sendiri yang pertamakali ditanah air tanpa campur tangan Belanda dengan nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO).


Pada masa penjajahan Jepang, organisasi kepanduan dan partai dilarang untuk beraktivitas. Barulah pada September 1945 sejumlah tokoh dari gerakan kepanduan Indonesia berkumpul untuk melakukan pertemuan di Yogyakarta. Dari hasil kongres pada 27-29 September 1945 terbentuk Pandu Rakyat Indonesia. Lambang Pramuka berupa Tunas Kelapa yang kita ketahui saat ini disahkan dalam Keppres Nomor 238 Tahun 1961. Kemudian pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961.

Jurnalistik SMA N 2 Pati
- Smandapaflash
• Gusnafi'i
• Widya Novita

0 comments: