MAKNA HARI LAHIRNYA PANCASILA DI ERA KITA


Siapa yang tidak tahu Pancasila? Sebagai seorang warga negara Indonesia sudah sepatutnya tahu bahkan hafal di luar kepala.
            Namun ada beberapa hal yang mungkin dapat menjadi sorotan kita sebagai warga tanah air tercinta ini. Banyak orang yang mengumbar tentang Pancasila di social media mereka di hari peringatan “Lahirnya Pancasila” seperti pada hari ini, namun di sisi lain apakah di hari-hari biasa mereka juga seperti itu? Atau ironisnya malah sebaliknya?
           Apabila kita mencoba menelaah lebih dalam tentang peringatan “Lahirnya Pancasila” ini memang sudah seharusnya kita berbangga diri dengan dasar negara kita ini yang mana dalam kandungannya memuat keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara. Tidak condong ke paham liberal atau pun condong ke paham komunisme. Sebuah ajaran yang memang murni dari para pendahulu kita. Namun apabila kita melihat realita pada hari ini, apakah masih seperti itu?
             Seringkali kita melihat di Televisi, Koran, dan berbagai macam media massa lainnya bahwa banyak sekali demo yang terjadi yang lama-kelamaan dapat condong ke paham liberal. Memang pada dasarnya demo diperbolehkan dalam negara kita yang konon katanya demokrasi ini, tapi terkadang sebagai warga negara mereka lupa bahwa ada batasan dalam melakukan demo ini. Kebanyakan yang kita lihat  di media demo yang mereka lakukan mengarah menuju kekerasan yang dapat merugikan diri mereka sendiri dan kepentingan umum.
         Jika di sisi pelajar, yang merupakan usia yang paling konsumtif terhadap social media seringkali membesar-besarkan peringatan ini di social media mereka masing-masing. Namun ironisnya di sisi lain kebanyakan dari mereka malas untuk upacara, malas untuk tertib, malas untuk disiplin dan sebagainya. Sehingga nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari pun menjadi tidak ada artinya.
             Sedangkan di sisi yang lebih tinggi, yaitu di kalangan pejabat negara. Apabila kita mengetik di google dengan keyword “tidak hafal pancasila” akan ada berita, tulisan, dan serangkaian nama-nama pejabat yang tidak hafal pancasila, sungguh ironis. Seorang yang harusnya kita percayai untuk memimpin bangsa ini ternyata mengabaikan apa yang menjadi dasar negara mereka.
             
            Untuk itu kita sebagai pelajar Indonesia, hendaknya mulai menanamkan sifat cinta tanah air yang memang dari hati nurani kita masing-masing. Karena di masa depan kita lah yang menjadi pemimpin bagi bangsa ini. Kita adalah generasi emas yang digadang-gadang oleh pemerintah memiliki potensi dan andil yang besar di masa depan untuk itu mari kita belajar dan berlatih serta memperbaiki sikap dan perilaku kita supaya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

            Jayalah Indonesiaku

            Selamat Hari Lahirnya Pancasila


-Farisa Dwi Kurniawan
SMANDAPAFLASH

0 comments: